7 MACAM TEMAN

*(hanya 1 yg sampai di akhirat)* 1. *Ta'aarufan (تعارفا)*, yaitu teman kenal secara kebetulan, seperti bertemu di kereta, halte bis, cafe dll 2. *Taariikhiiyan (تاريخيا)*,  yaitu teman karena faktor sejarah, seperti teman sekampung, sekost, se'almamater dll. 3. *Ahammiyatan (اهمية )* yaitu teman karena kepentingan (teman bisnis, politik, dll) 4. *Faarihan (فارحا)*,  yaitu teman karena sehobby (hobby motor, nyanyi, futsal dll.) 5. *Amalan (عملا)*,  yaitu teman karena profesi, seperti dokter, guru dll. 6. *'Aduwwan (عدوا)*,  yaitu teman yg terlihat seperti baik, tp sebenarnyab penuh kebencian..  7. *Hubban_lil iimaan (حبا للايمان)*   *yaitu teman yg suka MENGINGATKAN-mu* serta *MENGAJAK-mu* selalu *KE JALAN الله SWT*. Dari ke *7* macam teman ini, no. *1-6* akan sirna di akhirat, & yg tersisa hanya teman no. *7*. *namun teman no.7 ini selalu dipandang sebelah mata, selain dinilai sok alim, juga tidak menghasilkan manfaat duniawi (materi)* *Padahal diakhirat nanti, temen no

KAMU PERCAYA ADA SURGA DAN NERAKA? MEMANG SUDAH PERNAH MATI DAN MELIHATNYA?

Sahabat Hikmah...
Ada seorang teman yang memberikan coment:
” Surga itu apa? Yakin surga itu ada? Apa kamu sudah pernah mati?”

Saya jadi ingin menjelaskan ”KEYAKINANKU akan ADANYA SURGA dan NERAKA”.
Gak perlu mati untuk meyakini adanya surga dan neraka…
Karena percuma kalau kita YAKIN adanya surga dan neraka setelah mati...
Pasti kita sedang disiksa di neraka....
Karena kita baru TAHU dan YAKIN adanya surga dan neraka setelah melihatnya...
Dan PERBEKALAN untuk ke SURGA kita tidak ada..
QS At Takatsur: 1-8:
”Bermegah-megahan telah MELALAIKAN kamu, sampai kamu MASUK ke dalam KUBUR. JANGANLAH BEGITU, kelak kamu AKAN MENGETAHUI, Dan JANGANLAH BEGITU, kelak kamu AKAN MENGETAHUI. JANGANLAH BEGITU, jika kamu MENGETAHUI dengan PENGETAHUAN yang YAKIN, niscaya kamu BENAR-BENAR akan MELIHAT neraka Jahiim, Dan sesungguhnya kamu BENAR-BENAR akan MELIHATNYA dengan `AINUL YAQIN, Kemudian kamu PASTI akan DITANYAI pada hari itu tentang KENIKMATAN-KENIKMATAN(di duina).”

Untuk YAKIN akan adanya Surga dan Neraka, kita harus yakin BERITA yang disampaikan oleh YANG MENCIPTAKAN SURGA dan NERAKA.
Cukup kita yakin bahwa ALQURAN adalah BENAR, maka kita YAKIN SURGA dan NERAKA ADA.
Bagaimana untuk meyakini ALQURAN?
Allah berfirman dlm QS Fushilat: 53
”Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segenap ufuk (langit dan bumi) dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al Qur'an itu adalah benar. Dan apakah Tuhanmu tidak cukup (bagi kamu) bahwa sesungguhnya Dia menyaksikan segala sesuatu?”

Kita tahu Alquran diwahyukan kepada Nabi yg buta huruf atau UMMI,
Mungkin yang tidak memahami HIKMAH ini dia malu sebagai seorang Muslim diejek kalau Nabinya buta huruf ???
Justru inilah KUNCINYA....UNTUK MEYAKINI KEBENARAN AL-QURAN

Nabi Muhammad itu buta huruf sampai wafatnya, tapi kita lihat....
Siapa mau mengikuti ajakan Muhammad dan MEYAKINI ALQURAN?
Orang Mekah atau orang Madinah?
Ternyata yang banyak menyambut seruan Nabi Muhammad SAW dan beriman dengan ALQURAN adalah penduduk di Madinah.
Mengapa demikian? Karena mereka tahu alkitab (Yahudi dan nasrani) dan mereka tahu Muhammad itu ummi dan berasal dari kaum yg ummi (di Makah waktu itu yang bisa baca tulis hanya 15 orang).
Jadi.... mereka AHLI KITAB YAKIN bahwa...AYAT-AYAT yang disampaikan oleh N. MUHAMMAD tentang kisah Nabi-nabi dahulu seperti kisah Ibrahim, Isa, Musa dan kisah-kisah nabi yg lain dalam ALQURAN adalah BUKAN TULISAN N.MUHAMMAD yang UMMI, tetapi merupakan WAHYU dari TUHAN YANG SAMA dengan TUHAN yang MENURUNKAN TAURAT dan INJIL... yaiitu ALLAH Pencipta langit dan bumi.

Sahabat Hikmah....
Untuk MEYAKINI KEBENARAN ALQURAN juga bisa dengan mempelajari apa yg ada di langit dan bumi dan pada diri manusia sendiri....
Ilmu geografi, biologi, fisika, kedokteran....dll akan mengantarkan kita akan KEYAKINAN kebenaran ALQURAN dan kebenaran adanya NERAKA.
QS Ali Imron: 190-191
“Sesungguhnya dalam PENCIPTAAN LANGIT dan BUMI, dan silih BERGANTINYA MALAM dan SIANG terdapat TANDA-TANDA bagi orang-orang yang berakal,
yaitu orang-orang yang MENGINGAT Allah sambil BERDIRI atau DUDUK atau dalam keadaan BERBARING dan mereka MEMIKIRKAN tentang PENCIPTAAN LANGIT dan BUMI seraya berkata: "Ya Tuhan kami, TIDAKLAH Engkau MENCIPTAKAN semua ini dengan SIA-SIA. Maha Suci Engkau, maka PELIHARALAH kami dari SIKSA NERAKA."

Ada seorang ahli kelautan (namanya saya lupa) yang meneliti tentang LAUT YANG TERBELAH seperti ada kaca yg membatasi, diantara batas itu terdapat ikan dan tumbuhan laut yang BERBEDA....
Dia banyak berdiskusi dengan ilmuwan yg lain,salah satunya dg Dr.Maurice Bukhail.
Tentang ini Dr.Maurice Bukhail setuju, bahkan dia sedang MENCARI dimana laut itu berada.
Karena Dr. Maurice Bukhail sudah tahu ada laut seperti itu dari AlQuran.
Maka ilmuwan kelautan tadi meminta ditunjukkan ayatnya.
Dibukalah QS Ar Rahman : 19-21
”DIA membiarkan DUA LAUTAN mengalir yang keduanya kemudian BERTEMU,
antara keduanya ADA BATAS yang TIDAK DILAMPAUI oleh masing-masing. ”
”Maka ni`mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?”

Seketika itu juga ilmuwan tadi mengatakan: "TIDAK MUNGKIN kitab ini TULISAN MUHAMMAD yang BUTA HURUF dan telah ditulis 1400 TAHUN YANG LALU? PASTI KITAB ALQURAN ini adalah WAHYU dari TUHAN YANG MENCIPTAKAN LAUT TERSEBUT."
Akhirnya ilmuwan tersebut BERIMAN dengan Al Quran dan masuk Islam.

Demikian, semoga tidak ada lagi yang RAGU dengan adanya SURGA dan NERAKA.

Wallahu a’lam bishowab

Wassalamu’alaikum

Comments

Popular posts from this blog

20 CARA MENGUATKAN IMAN

7 MACAM TEMAN