7 MACAM TEMAN

*(hanya 1 yg sampai di akhirat)* 1. *Ta'aarufan (تعارفا)*, yaitu teman kenal secara kebetulan, seperti bertemu di kereta, halte bis, cafe dll 2. *Taariikhiiyan (تاريخيا)*,  yaitu teman karena faktor sejarah, seperti teman sekampung, sekost, se'almamater dll. 3. *Ahammiyatan (اهمية )* yaitu teman karena kepentingan (teman bisnis, politik, dll) 4. *Faarihan (فارحا)*,  yaitu teman karena sehobby (hobby motor, nyanyi, futsal dll.) 5. *Amalan (عملا)*,  yaitu teman karena profesi, seperti dokter, guru dll. 6. *'Aduwwan (عدوا)*,  yaitu teman yg terlihat seperti baik, tp sebenarnyab penuh kebencian..  7. *Hubban_lil iimaan (حبا للايمان)*   *yaitu teman yg suka MENGINGATKAN-mu* serta *MENGAJAK-mu* selalu *KE JALAN الله SWT*. Dari ke *7* macam teman ini, no. *1-6* akan sirna di akhirat, & yg tersisa hanya teman no. *7*. *namun teman no.7 ini selalu dipandang sebelah mata, selain dinilai sok alim, juga tidak menghasilkan manfaat duniawi (materi)* *Padahal diakhirat nanti, temen no

BUNGA-BUNGA AMAL

Kualitas amal berbanding lurus dengan kualitas iman dan ibadah
Kualitas iman seseorang dapat dilihat dari kualitas amal yang dilakukannya.
Orang yang iman dan ibadahnya berkualitas maka amalnya pun berkualitas
Tutur katanya lembut tidak menyakiti
Pikirannya jernih tidak berburuk sangka
Tingkah lakunya sopan menyenangkan orang lain

Sesungguhnya amal itu bersifat halus
Sempurnanya amal itu hanya dapat dirasakan oleh orang yang melakukan dan Allah Tuhan yang Maha menyaksikan.
Begitu juga Ikhlasnya seseorang beramal hanya dapat dirasakan oleh yang bersangkutan dan Allah Tuhannya.

Bunga-Bunga Amal :

# Bekal menghadapi musibah adalah SABAR
Bekal menghadapi nikmat adalah SYUKUR
Dan Bekal menghadapi kematian adalah AMAL dan AMPUNAN Allah

“Kami memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat maka tiadalah dirugikan seseorang barang sedikitpun. Dan jika amalan itu hanya seberat biji sawipun, pasti Kami mendatangkan (pahalanya) . Dan cukuplah Kami sebagai pembuat perhitungan” (QS Al-Anbiya :47)

# Sebelum engkau menegur orang lain , maka TEGURLAH DIRIMU terlebih dahulu.
Sebelum engkau menyuruh orang lain maka SURUHLAH DIRIMU terlebih dahulu
Dan sebaik-baik teguran dan suruhan adalah TELADAN

“Hai orang-orang beriman mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu perbuat? Amat besar kebencian disisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan (QS As-saff :2-3)

# Derajat manusia di akhirat nanti ditentukan oleh bagaimana KETAATANNYA kepada Allah melalui proses UJIAN demi UJIAN selama HIDUPNYA didunia.

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya) . Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan (QS Al-anbiya’ : 35)

# PUPUK JASMANI adalah MAKANAN
Dan hasilnya adalah pertumbuhan fisik dan kotoran
Akan tetapi PUPUK ROHANI adalah FIRMAN Allah
Dan hasilnya adalah pertumbuhan IMAN dan AMAL kebajikan

Seseorang dapat melakukan amal kebaikan apabila memiliki hati yang bersih dan peka. Hati ibarat Handpone yang senantiasa harus di charge, dengan memperbanyak membaca Al-quran, hadis Rasulullah SAW, buku-buku agama dan yang memberi manfaat bagi pertumbuhan hati kita.

# Seandainya harta dibawa mati maka merugilah orang-orang yang miskin kekayaannya . Akan tetapi karena harta tidak dibawa mati maka MERUGILAH orang –orang yang KIKIR sedekahnya.

Tidak sedikit orang yang terbuai oleh keindahan dunia , dimabukkan oleh kenikmatan dunia, dilalaikan kesenangan dunia , namun akhirnya menemui penyesalan diakhir hidupnya.

# Sungguh ANEH orang yang di dunia TIDAK SUKA BERAMAL untuk akhirat, bukankah sesungguhnya keuntungan dan pahala amal kebaikan di dunia itu pasti akan kembali kepada orang yang melakukannya di akhirat? Dan bukankah kita di dunia UNTUK akhirat?

“Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang beriman dan mengerjakan amal yang saleh kedalam surga –surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai. Di surga itu mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas dan mutiara, dan pakaian mereka adalah sutra “ (QS Al-Hajj : 23)

( Sumber : H.M Komarudin Cholil, “ Penyejuk Qolbu Mencapai Akhlak Mulia “ dikirim : Bulan Cahaya)

Comments

Popular posts from this blog

20 CARA MENGUATKAN IMAN

7 MACAM TEMAN