7 MACAM TEMAN

*(hanya 1 yg sampai di akhirat)* 1. *Ta'aarufan (تعارفا)*, yaitu teman kenal secara kebetulan, seperti bertemu di kereta, halte bis, cafe dll 2. *Taariikhiiyan (تاريخيا)*,  yaitu teman karena faktor sejarah, seperti teman sekampung, sekost, se'almamater dll. 3. *Ahammiyatan (اهمية )* yaitu teman karena kepentingan (teman bisnis, politik, dll) 4. *Faarihan (فارحا)*,  yaitu teman karena sehobby (hobby motor, nyanyi, futsal dll.) 5. *Amalan (عملا)*,  yaitu teman karena profesi, seperti dokter, guru dll. 6. *'Aduwwan (عدوا)*,  yaitu teman yg terlihat seperti baik, tp sebenarnyab penuh kebencian..  7. *Hubban_lil iimaan (حبا للايمان)*   *yaitu teman yg suka MENGINGATKAN-mu* serta *MENGAJAK-mu* selalu *KE JALAN الله SWT*. Dari ke *7* macam teman ini, no. *1-6* akan sirna di akhirat, & yg tersisa hanya teman no. *7*. *namun teman no.7 ini selalu dipandang sebelah mata, selain dinilai sok alim, juga tidak menghasilkan manfaat duniawi (materi)* *Padahal diakhirat nanti, temen no

Haramkah beli daging ayam dipasar?

🎋 *

Ikhwah fillah, ada pembahasan yg cukup menarik & insyaallah bermanfaat bagi kehidupan kita sehari2

"Jika kita beli ayam/daging d pasar, kita tidak tahu apakah sipenyembelih membaca bismillah atw tdk saat menyembelih?
Bagaimana posisi kita sebagai konsumen?

Jawab:

Landasannya adalah hadis dari A’isyah Radhiyallahu ‘anha,

أَنَّ قَوْمًا قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ ، إِنَّ قَوْمًا يَأْتُونَنَا بِاللَّحْمِ لاَ نَدْرِى أَذَكَرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَيْهِ أَمْ لاَ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – “سَمُّوا اللَّهَ عَلَيْهِ وَكُلُوهُ ” قَالَتْ وَكَانُوا حَدِيثِى عَهْدٍ بِالْكُفْرِ

“Ada beberapa orang yang bertanya, “Ya Rasulullah, ada orang yang memberikan daging kepada kami. Sementara kami tidak tahu, apakah ketika dia menyembelih membaca basmalah ataukah tidak?”

Kemudian Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, *“Baca basmalah dan silahkan makan.”*

Kata A’isyah: *"Mereka baru saja masuk islam.”* (HR. Bukhari 2057)

Perintah untuk membaca basmalah pada hadis di atas adalah membaca *basmalah ketika makan. Bukan membaca basmalah dalam rangka menghalalkan daging itu.* Artinya sesembelihan tersebut dihukumi halal oleh Nabi shalallahu 'alaihi wasalam.

Dalam hadis ini, acuan halal haram sembelihan yang diajarkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bagi konsumen adalah dengan melihat agama yang menyembelih. Selama dia muslim, sembelihannya halal. Dan kita tidak diperintahkan untuk inspeksi serta menanyakan bagaimana cara dia menyembelih.

Simaklah penjelasan yang diberikan A’isyah di akhir hadis: *"Mereka baru saja masuk islam.”*

Ini menjadi kaidah bahwa sesembelihan yg disembelih oleh seorang muslim adalah halal.
Wallahu a'lam

Comments

Popular posts from this blog

20 CARA MENGUATKAN IMAN

KUALITAS MANUSIA