7 MACAM TEMAN

*(hanya 1 yg sampai di akhirat)* 1. *Ta'aarufan (تعارفا)*, yaitu teman kenal secara kebetulan, seperti bertemu di kereta, halte bis, cafe dll 2. *Taariikhiiyan (تاريخيا)*,  yaitu teman karena faktor sejarah, seperti teman sekampung, sekost, se'almamater dll. 3. *Ahammiyatan (اهمية )* yaitu teman karena kepentingan (teman bisnis, politik, dll) 4. *Faarihan (فارحا)*,  yaitu teman karena sehobby (hobby motor, nyanyi, futsal dll.) 5. *Amalan (عملا)*,  yaitu teman karena profesi, seperti dokter, guru dll. 6. *'Aduwwan (عدوا)*,  yaitu teman yg terlihat seperti baik, tp sebenarnyab penuh kebencian..  7. *Hubban_lil iimaan (حبا للايمان)*   *yaitu teman yg suka MENGINGATKAN-mu* serta *MENGAJAK-mu* selalu *KE JALAN الله SWT*. Dari ke *7* macam teman ini, no. *1-6* akan sirna di akhirat, & yg tersisa hanya teman no. *7*. *namun teman no.7 ini selalu dipandang sebelah mata, selain dinilai sok alim, juga tidak menghasilkan manfaat duniawi (materi)* *Padahal diakhirat nanti, temen no

"Ke Mana Saja AKU Selama Ini??!!”

Sejak kecil akalku selalu dilatih untuk berpikir…
tapi bukan untuk berTAFAKUR…

Aku hanya bisa mengurusi jasadku, hartaku, pekerjaanku,
yang berujung pada KESENANGAN semata….

Baru kusadar itu semua kesenangan yang MENIPU!!
pantas saja selama ini yang kudapat hanya stress, sedih,
kecewa, khawatir, sebal dll…

Baru kusadar, KEBAHAGIAAN-lah yang seharusnya kuraih…
karena dia yang kekal…
dan dengan kalbu yang “BERSIH” pula…
barulah dapat kuraih kebahagiaanku…

Selama ini aku tidak tahu…
Aku ini lupa…
Aku telah lalai…
Mengurusi KALBUKU….
Padahal ia yang yang akan bersamaku SELAMANYA….

Yaaa ALLAH…
ke mana saja aku selama ini?????!!!!

By NN
(didapat dari sebuah SMS)


Masya Allah…..suatu hari ada SMS masuk dalam HP-ku…
Judulnya sangat menakjubkan buatku!!
KE MANA SAJA AKU SELAMA INI??!!
Apalagi kemudian kulanjutkan dengan membacanya sampai baris terakhir…

Jujur ini sangat menyentak hati kecilku…
Ya Allah…ternyata aku hanyalah manusia yang “sangat sibuk”…
Namun kesibukanku ternyata hanya mengisi keperluan “jasad”ku semata…
Aku makan dan minum untuk perutku & badanku,
Aku tidur untuk meng-istirahatkan tubuhku,
Aku berolahraga untuk kepentingan mencapai kesehatan,
Aku pergi jalan-jalan sekedar refreshing,
Aku beli baju, sepatu, tas, kerudung untuk puaskan egoku,
Aku pergi ke salon, creambath untuk rambutku, meni pedi untuk kukuku,
Aku minum vitamin untuk keperluan badanku….
Semua aktivitas itu..untuk keperluan “jasad”ku semata!!!

Sementara…”jiwa atau roh” ku terlewat santapannya….
Kapankah aku sempat memberikan santapan terbaik untuk jiwa & rohku?
Apakah aku benar2 melewatkan waktuku bersantap rohani…??
Sebenarnya, jiwaku sudah pernah “menagih”ku untuk puaskan dahaga jiwaku!
Yah…terasa kosong, hampa, sunyi….
Kenapa juga aku melewatkan kesempatan memenuhi undangan
“breakfast, lunch, dinner” yang diperlukan jiwaku…..
Aku takut…jangan sampai jiwaku, rohku menjadi jiwa yang MERANA!!!

Bagaimana nanti bekal JIWAku untuk menghadap Illahi?
Apakah sudah cukup bekalku yang akan dibawa pada saatnya tiba?
Sementara saat ajal menjemput…
Jasadku yang sudah dalam keadaan “KEKENYANGAN” tak akan ikut….
Ia kutinggalkan dalam lobang di tanah merah kuburan…
Sementara jiwaku..rohku..yang masih “LAPAR & KOSONG”
yang akan terus bersamaku menuju keabadian…
menuju tempat mempertanggung-jawabkan semua yang telah kulakukan.
Menghadap Sang Penguasa….Sang Khalik….. ALLAH SWT.

Ya Allah….waktuku di dunia ini “cuma” sebentar kan…
Sebentar dibanding waktu keabadian di alam barzah nanti!!
Jika 1 hari berlalu sudah….
Tetapi tidak mendapat hidayah
Dan tiada pula ilmu bertambah
Apa arti umurku di mata Allah??!!

Aku tidak ingin jiwaku MERANA….
Aku ingin masuk surgaMU ya Allah….aku ingin….
Firman-Mu dalam surat Al Fajr ayat 27-30 jelas sekali….
“Wahai JIWA yang TENANG! Kembalilah pada TuhanMU
dengan hati yang ridha dan diridhaiNYA
Maka masuklah ke dalam golongan hamba2KU
Dan masuklah ke dalam SurgaKU…

Ya Allah….aku mau memiliki JIWA YANG TENANG!!!
Karena dengan jiwa yang TENANG itulah aku akan menjadi
dan termasuk golongan hambaMu yang Kau panggil…
untuk masuk ke dalam SurgaMU….
Dengan Jiwa yang TENANG….jiwa yang bekal rohaninya sudah penuh…
maka akan tenanglah rohku menghadap kepadaMU…
untuk Kau undang masuk ke dalam keabadian SurgaMU ya Rabbi…

Ke Mana Saja Aku Selama Ini….??!!!
Aku harus segera dan cepat mengejar ketinggalanku….
Aku harus segera memperhatikan santapan jiwa dan rohaniku…
Agar cukup dan penuhlah bekalku nanti…
Untuk siap menghadap sang Illahi…

Ya Allah…ingatkan aku selalu meberikan santapan pada rohaniku….
bimbinglah aku untuk selalu dalam jalan dan petunjukMu…
Ingatkan aku untuk selalu dekat denganMU…selalu mencintaiMu….
Untuk dapat memperbanyak ibadahku…menjauhi laranganMu…
lapangkan jalan meraih pahalaMu…
terangilah jalanku dengan RidhaMu…
Karena aku ingin menjadi hambaMu yang Engkau berikan ridha…
Sebagai JIWA YANG TENANG….
Untuk Kau panggil dan Kau undang
Memasuki istana SURGAMU yang abadi….
Subhanallah…..

Regina

Comments

Popular posts from this blog

20 CARA MENGUATKAN IMAN

7 MACAM TEMAN