7 MACAM TEMAN

*(hanya 1 yg sampai di akhirat)* 1. *Ta'aarufan (تعارفا)*, yaitu teman kenal secara kebetulan, seperti bertemu di kereta, halte bis, cafe dll 2. *Taariikhiiyan (تاريخيا)*,  yaitu teman karena faktor sejarah, seperti teman sekampung, sekost, se'almamater dll. 3. *Ahammiyatan (اهمية )* yaitu teman karena kepentingan (teman bisnis, politik, dll) 4. *Faarihan (فارحا)*,  yaitu teman karena sehobby (hobby motor, nyanyi, futsal dll.) 5. *Amalan (عملا)*,  yaitu teman karena profesi, seperti dokter, guru dll. 6. *'Aduwwan (عدوا)*,  yaitu teman yg terlihat seperti baik, tp sebenarnyab penuh kebencian..  7. *Hubban_lil iimaan (حبا للايمان)*   *yaitu teman yg suka MENGINGATKAN-mu* serta *MENGAJAK-mu* selalu *KE JALAN الله SWT*. Dari ke *7* macam teman ini, no. *1-6* akan sirna di akhirat, & yg tersisa hanya teman no. *7*. *namun teman no.7 ini selalu dipandang sebelah mata, selain dinilai sok alim, juga tidak menghasilkan manfaat duniawi (materi)* *Padahal diakhirat nanti, temen no

SINGKIRKAN PRASANGKA!

Tanggalkan prasangka-prasangka!
Prasangka itu bagaikana sepatu yang nyaman dipakai namun TAK DAPAT digunakan untuk berjalan.
Ia MEMBERIKAN JAWABAN SEBELUM MENGETAHUI PERTANYAAN.
Dan seburuk-buruknya jawaban adalah bila TAK PAHAM akan masalahnya.

Biarkan FAKTA yang tampak dihadapan dan DITERIMA apa adanya.
Jangan biarkan prasangka menyeret ke ujung jalan yang lain.
Namun sebenarnya BERBAHAYA di waktu yang panjang.

Bila telah mampu MELEPASKAN PRASANGKA akan menemukan PANDANGAN YANG JERNIH, keberanian untuk mengatasi masalah dan jalan yang lebih lebar.

Ketika mengenakan kacamata, maka yang MELIHAT tetaplah bola mata, bukan kacamatanya.
Dan keadaan yang sebernanya terjadi adalah apa yang berada di balik kacamata.
Bukan terpantul pada lensa kacamata.

Demikian pula halnya dengan diri kita, yang MELIHAT adalah HATIi melalui mata kita.
Prasangka itu adalah DEBU-DEBU PIKIRAN yang MENGABURKAN PANDANGAN HATI sehingga tak mampu melihat dengan baik.

USAPLAH PRASANGKA- PRASANGKA dengan PEMAHAMAN sebagaimana menyingkirkan debu dari kacamata dengan KAIN BERSIH karena keinginan untuk MELIHAT LEBIH JELAS DAN JERNIH.

" Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang."
(QS.49:12)

Demikian semoga Allah swt selalu mengampuni dosa-dosa kita dan membimbing kita dengan hidayah-Nya.

Wassalam.

Comments

Popular posts from this blog

20 CARA MENGUATKAN IMAN

7 MACAM TEMAN