7 MACAM TEMAN

*(hanya 1 yg sampai di akhirat)* 1. *Ta'aarufan (تعارفا)*, yaitu teman kenal secara kebetulan, seperti bertemu di kereta, halte bis, cafe dll 2. *Taariikhiiyan (تاريخيا)*,  yaitu teman karena faktor sejarah, seperti teman sekampung, sekost, se'almamater dll. 3. *Ahammiyatan (اهمية )* yaitu teman karena kepentingan (teman bisnis, politik, dll) 4. *Faarihan (فارحا)*,  yaitu teman karena sehobby (hobby motor, nyanyi, futsal dll.) 5. *Amalan (عملا)*,  yaitu teman karena profesi, seperti dokter, guru dll. 6. *'Aduwwan (عدوا)*,  yaitu teman yg terlihat seperti baik, tp sebenarnyab penuh kebencian..  7. *Hubban_lil iimaan (حبا للايمان)*   *yaitu teman yg suka MENGINGATKAN-mu* serta *MENGAJAK-mu* selalu *KE JALAN الله SWT*. Dari ke *7* macam teman ini, no. *1-6* akan sirna di akhirat, & yg tersisa hanya teman no. *7*. *namun teman no.7 ini selalu dipandang sebelah mata, selain dinilai sok alim, juga tidak menghasilkan manfaat duniawi (materi)* *Padahal diakhirat nanti, temen no

MENGATASI KEDENGKIAN

Salah satu penyakit HATI yang banyak menyerang manusia adalah sifat HASAD atau DENGKI.
Apa dan bagaimana mengatasinya?

Pengertian HASAD atau DENGKI:

~ Hasad atau dengki adalah MENGINGINKAN HILANGNYA NIKMAT Allah dari siapa yang diberi nikmat oleh-Nya dari makhluk-Nya (orang yang didengki).

~ Dengki merupakan PENENTANGAN dan PERMUSUHAN terhadap KETENTUAN Allah dan TIDAK RIDHO dengan PEMBAGIAN-Nya.

Dengki adalah sifat TERCELA dan BERBAHAYA karena termasuk sifat IBLIS, sifat YAHUDI dan sifat makhluk TERBURUK, baik dahulu maupun sekarang.


* Kedengkian IBLIS:

Dihadapan Allah iblis sesumbar : “ Artinya: Karena Engkau telah menghukum aku tersesat, niscaya aku benar-benar akan menghalang – halangi manusia dari jalan Engkau yang lurus, kemudian aku akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan kiri mereka ; dan Engkau tidak akan mendapati mereka bersyukur/taat “.
(QS Al- A’raf, 7: 16-17)

Dengki merupakan sifat yang diwarisi dari IBLIS dan syaithan. Karena dengkilah maka syaithan menggoda Adam as hingga keluar dari syurga dan kerana dengki juga maka terjadinya pembunuhan di antara Qabil dan Habil. Karena dengkilah maka setan menggoda Adam as hingga keluar dari surga dan karena dengki juga maka terjadinya pembunuhan di antara Kabil dan Habil........

Comments

Popular posts from this blog

20 CARA MENGUATKAN IMAN

7 MACAM TEMAN